Pentingnya Mengetahui Jalur Kabel Dinamo Starter Mobil Anda

Dinamo starter atau motor starter pada kendaraan mobil berfungsi sebagai pemutar gigi flywheel yang berguna untuk menggerakkan atau menyalakan mesin mobil. Tapi tahukah Anda bagaimana jalur kabel dinamo starter mobil dapat berjalan? Simak info lengkapnya di sini.

Jalur kabel dinamo starter pada mobil merupakan hal yang cukup vital, maka itu, sebagai pengguna mobil sudah sewajarnya Anda memahami mengenai seluk-beluk jalur mobil itu sendiri. Hal tersebut bertujuan agar apabila terjadi masalah kelistrikan ketika mobil berada dalam posisi hidup, maka Anda dapat mengatasinya sebelum memutuskan untuk membawanya keĀ  bengkel.

Nah, sebelum Anda memahami lebih jauh mengenai jalur kabel dinamo starter mobil, Anda dapat memulainya dari informasi berikut ini terlebih dahulu.

Apa itu Dinamo Starter?

Dinamo starter adalah sebuah rangkaian untuk memutar mesin kendaraan pertama kali yang gerakannya berasal dari perubahan energi listrik ke energi gerak. Anda dapat menghidupkan mesin kendaraan atau melakukan starter yang dibarengi dengan injakan pedal pada kopling. Hal tersebut bertujuan untuk menetralkan kondisi gigi persneling sebelum melakukan starter mesin.

Komponen-komponen dalam Dinamo Starter

Setelah mengetahui apa itu dinamo starter dan bagaimana fungsinya, penting juga untuk Anda mengetahui rangkaian komponen yang terdapat pada dinamo starter, seperti:

  1. Solenoid Starter : untuk menggerakkan drive pinion dan memberikan tegangan pada bagian motor utama
  2. Solenoid Plunger : berfungsi sebagai batang yang menghubungkan daya tarik pull in coil dengan kuat
  3. Field coil : Field coil merupakan rangkaian coil magnet yang dipakai untuk meningkatkan kemagnetan yang ada di sekitar rotor coil
  4. Solenoid capas : komponen satu ini merupakan serangkaian penutup solenoid starter yang ditempatkan pada bagian depan starter
  5. Armature coil : dikenal sebagai rotor coil atau kumparan yang ditempatkan pada poros motor
  6. Commutators : berguna sebagai penghubung arus listrik dari brush ke kumparan armature
  7. Drive Lever : komponen berikutnya ini terdapat pada solenoid dan memiliki bentuk seperti garpu yang dapat digunakan untuk menggerakan gear dan bekerja dengan sistem tuas
  8. Brushes : Brush mengirimkan sinyal pada arus listrik dari terminal 50 menuju armature coil
  9. Drive Pinion Brush : komponen ini berfungsi untuk memutuskan maupun menghubungkan putaran starter ke flywheel
  10. Drive Pinion Gear : berfungsi sebagai penghubung putaran yang diperoleh dari motor listrik ke bagian poros engkol melalui flywheel
  11. Motor Housing : berfungsi sebagai pelindung dan tempat meletakkan berbagai jenis komponen starter

Cara Kerja Dinamo Starter

Dinamo Starter memiliki cara kerja yang unik dan penting untuk Anda ketahui. Setelah Anda memahami rangkaian komponen pada dinamo starter, maka selanjutnya Anda diharapkan dapat mengetahui bagaimana cara kerja dinamo starter.

Cara kerjanya dimulai dari dinamo starter yaitu switch atau kunci kotak dengan kondisi start dan arah aliran arus pull in coil. Kemudian, dinamo melakukan penarikan hubungan pada bagian terminal 30 melalui terminal C. Ketika itu, tidak ada jalur yang diputus antara Pull in Coil hingga ke ground. Namun, arus listrik mengalami pemusatan karena disebabkan oleh habisnya carbon brush.

Carbon brush sendiri ditempatkan sebelum dan sesudah armature, lalu pull in coil tidak akan hidup atau bekerja dan motor starter juga akan mengalami hal yang sama. Tanda relay starter mobil dapat Anda kenali saat mendengar relay starter terhubung.

Dinamo starter juga berpeluang tidak bisa bekerja karena kondisi carbon brush yang telah habis. Pada keadaan normal, pull in coil kemudian menarik kontak pada plunger dan shift lever dengan mendorong pinion.

Hal tersebut bertujuan agar dapat terhubung pada solenoid dan terminal C saling terhubung, maka pull in coil tidak bekerja lagi. Ini terjadi karena tegangan antara terminal 50 dan terminal C yang nyaris seimbang.

Saat dinamo starter memutar roda gila, maka hold in coil akan mengambil peran untuk melakukan penahanan kontak agar dapat melakukan penahanan kontak agar dapat menghubungkan terminal 30 dan terminal C. Komponen ini juga nantinya menahan gigi pinion untuk perputaran flywheel sehingga mesin dapat menyala.

Relay Starter Mobil

Relay Starter mobil bertugas mengalirkan, mengontrol dan menyaring arus setrum sekaligus mengendalikan arus setrum pada aki. Ciri-ciri dari relay starter yang rusak diantaranya ditandai dengan lampu jalan yang mulai redup dan hilangnya bunyi bising pada saat mesin mulai dihidupkan. Anda dapat memeriksa jalur kabel dinamo starter mobil secara berkala.

Selain itu, Anda juga perlu melakukan penggantian rangkaian relay starter mobil di bengkel terbaik dan ternyaman pilihan Anda. Anda juga dapat langsung mengunjungi bengkel umum terdekat untuk mengatasi kerusakan pada bagian jalur kabel dinamo mobil Anda agar tidak berdampak munculnya kerusakan komponen lainnya.

Itulah pentingnya mengetahui jalur kabel dinamo starter mobil bagi Anda. Sebagai informasi tambahan, bila Anda membutuhkan tips-tips seputar perawatan mobil Anda bisa kunjungi portal otomotif Otoklix di website resminya.